Otomatisasi
Otomatisasi Administrasi Perkantoran.
• Pengertian Otomatisasi administrasi perkantoran.
Otomatisasi merupakan proses penggunaan peralatan otomatis yang memiliki system kerja sistematis. Otomatisasi sangat berkaitan erat dengan mekanisasi dan komputerisasi. Otomatisasi adalah pengguna mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia. Hal ini menunjukan bahwa otomatisasi berarti penggunaan alat-alat mekanis dan lebih khususnya computer. otomatisasi perkantoran berarti pengalihan fungsi manual peralatan kantor yang banyak menggunakan tenaga manusia kepada fungsi-fungsi otomatisasi dengan menggunakan peralatan mekanis, khususnya computer. Era otomatisasi perkantoran dimulai bersamaan dengan berkembangnya teknologi informasi, penggunaan perangkat computer untuk keperluan perkantoran.
Otomatisasi perkantoran sering juga diistilahkan dengan kegiatan perkantoran elekronis (electronicofficele-office). perkantoran eleltronis adalah aplikasi perkantoran yang mengganti proses administrasi berbasis manual ke proses berbasis elektronis dengan memanfaatkan fasilitas jaringan lokan (LAN).
Otomatisasi perkantoran yaitu semua sistem informasi formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berbeda di dalam maupun di luar perusahaan.
• Tujuan
Tujuan otomatisasi perkantoran : untuk berkomunikasi dengan orang yang berbeda dikantor lain di dalam suatu perusahaan lain. Contoh: vidio converence.
• Manfaat otomatisasi perkantoran
1. Pendapatan yang lebih tinggi dan menutunkan biaya
2. Pemecahan masalah kelompok
3. Perlengkapan bukan pengganti
• Dampak positif dan negative otomatisasi Administrasi perkantoran.
Dampak dari otomatisasi perkantoran yang merupakan dampak baik maupun dampak buruk antara lain sebagai berikut.
a. Otomatisasi akan berdampak pada pengurangan penggunaan tenaga manusia
b. Pengurangan jumlah karyawan, karena adanya otomasi perkantoran
c. Lowongan kerja semakin sedikit, karena dengan menggunakan otomasi perkantoran
d. Kecenderungan bekerja dirumah
e. Membuat karyawan melas atau bergantung pada mesin dan teknologi.
f. Membutuhkan biaya yang cukup besar untuk investasi awal karena otomasi perkantotan memerlukan peralatanyang digunakan untuk menjalankan aktivitas perusahaan.
g. Fleksibilitas, maksudnya pegawai dapat mengerjakan beberapa pekerja yang biasanya dilakukan banyak orang, yang juga berarti perusahaan tidak membutuhkan banyak pegawai.
h. Resepsionis dapat lebih banyak meluangkan waktu utuk melayani klien
i. Paperless, yaitu tidak membutuhkan banyak kertas karena semua dilakukan secara digital
• Jenis jenis aplikasi otomatisasi perkantoran
a. Word prococssring
b. Electronic mail (E-mail)
c. Voice mail
d. Electronic calendaring
e. Audio conferenting
f. Computer conferencing
g. Fac sime transmission (FAC)
h. Video teks
i. Dekstop publishing / dtp
Komentar
Posting Komentar